Penulis, Juru Kamera, dan Editor oleh Nurohman

Wisata budaya menjadi pilihan utama bagi wisatawan yang berkunjung ke Bali. Selain panorama alam, wisatawan dimanjakan dengan beragam budaya khas Bali, seperti di Museum Bali.

Dengan hanya membayar lima ribu rupiah, pengunjung dapat menikmati lebih dari 14.000 koleksi Museum Bali. Pengunjung dapat menjelajahi tiga area museum, yaitu halaman luar atau Jabo Sisi, halaman tengah atau Jabo Tengah, dan halaman dalam atau Jeroan.

Ada empat gedung yang dapat dikunjungi wisatawan. Pertama, Gedung Timur yang menyuguhkan koleksi sejarah dan pra-sejarah, serta puncak kebudayaan Bali. Kedua, Gedung Buleleng yang memamerkan perkembangan alat tukar sebelum dan setelah uang kepeng di Bali. Ketiga, ada Gedung Karangasem yang menyajikan Cili sebagai lambang kesuburan. Benda-bendanya berupa peralatan upacara dan jajanan yang dijadikan sebagai sesajen. Terakhir, ada Gedung Tabanan yang memanjakan mata pengunjung dengan keindahan desain keris-keris pusaka. Adapula berbagai kostum tari Bali dipajang yang di tengah ruangan.

Salah satu wisatawan asing asal Amerika Serikat, Mary Lou D’Altorio, mengaku sangat menikmati keindahan struktur museum dan isinya. Mary berkunjung ke Bali karena ingin belajar tentang budaya Bali.

Umumnya, Museum Bali ramai dikunjungi wisatawan pada masa liburan sekolah. Pada bulan Juni 2014, tercatat tidak kurang dari 4.200 wisatawan yang berkunjung ke Museum Bali. Namun sayang, data statistika menunjukkan pengunjung Museum Bali menurun setiap tahunnya. Ini menjadi pekerjaan rumah UPT Museum Bali sebagai pengelola.

jelajahbudaya

View all posts

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *