Gelar Wisata Budaya Adat Meratus Dayak Balangan oleh Sanggar Tari Wadian Tambai

24 Januari 2015 Desa Kapul Kecamatan Halong Kabupaten Balangan Provinsi Kalimantan Selatan.

Wadian atau Balian Kebal duri ini adalah salah satu Budaya tanpa bermaksud menyombongkan diri. Pada Wadian Sub Suku Dayak Deyah yang berada di Kabupaten Tabalong Kalsel dan Kecamatan Halong Kabupaten Balangan Kalsel, Biasanya Wadian akan memanjat Pohon Manau (Sejenis Rotan hutan yang pohonnya berduri dan lebih besar dari rotan biasa). Sedangkan pada Wadian dari Sub Dayak Meratus Kabupaten Balangan kali ini pohon Rotan yang penuh duri dioleskan di tubuh bahkan di sini Wadian juga berbaring di atas potongan pohon Rotan yang penuh duri tersebut. Pada kesempatan ini Bupati Balangan juga diminta oleh Wadian untuk menggosokkan pohon Rotan yang penuh duri tersebut ke badannya, bahkan turis perempuan dari Australia pun tidak mau kalah untuk mengoleskan duri dari pohon Rotan ke tubuh Wadian/Balian. Kalau di Banten ada Debus dan Kuda Lumping di Jawa Timur dan Jawa Tengah yang menunjukkan demontrasi kekebalan, maka Wadian yang dibawakan disini juga dimaksudkan bukan untuk pamer atau pun unjuk kekebalan tubuh semata, tetapi sebagai wujud peduli terhadap Adat Budaya yang perlu untuk dilestarikan . Budaya kita di Nusantara ini sangat banyak ragamnya, marilah kita lestarikan Budaya Adat di tiap Daerah masing-masing untuk menjaga keragaman Budaya Nusantara.
Menjelang akhir video dokumentasi ini, Bupati Balangan
Bapak Sefek Effendie menjelaskan tentang Rumah Singgah yang dibangun atas kerjasama Dewan Adat Dayak Balangan,Yayasan Adaro Bangun Negeri dan Pemerintah Daerah Kabupaten Balangan. Rumah Singgah dibangun di desa Uren Kecamatan Halong.
Dengan adanya Rumah Singgah ini, anak-anak yang sekolah dari pegunungan Meratus tidak perlu lagi jauh-jauh harus menempuh perjalanan ke Sekolah, mengingat mereka bisa bermalam di Rumah Singgah tersebut secara gratis.


Terima Kasih Kepada :
Bupati Balangan dan jajarannya
Dinas Pariwisata Kabupaten Balangan
Yayasan Adaro Bangun Negeri
Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Balangan
Kepala Desa Kapul
Ketua Adat Dayak Balangan Bapak Awes
Semua pihak yang ikut membantu terselenggaranya acara ini.

Lokasi Pementasan Budaya Adat Dayak Meratus
Desa Kapul, Kecamatan Halong
Kabupaten Balangan
Provinsi Kalimantan Selatan.

Salam Keluarga Dayak Borneo di mana saja berada.


Dokumentasi oleh : Sukarno (Percil)

Versi Pendek silahkan klik

https://www.youtube.com/watch?v=YwyO8cyjva4

jelajahbudaya

View all posts

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *