Berbagai jenis seni tradisional nan magis mampu menyihir wisatawan dari berbagai latar belakang budaya datang berwisata ke Pulau Bali. Suasana khas pulau ini sudah dapat dinikmati para wisatawan sesaat setelah mendarat di bandar udara satu-satunya di Bali. Pasalnya, PT Angkasa Pura I (Persero) selaku pengelola salah satu bandar udara tersibuk di Indonesia ini menghadirkan suasana Bali di dalam bandar udara, mulai dari arsitektur bangunan, ornamen yang menghiasi bangunan gedung terminal, hingga atmosfer di dalam terminal yang kental dengan tradisi dan budaya Bali.


Berbagai kegiatan berupa pelestarian budaya Bali pun turut disuguhkan bagi para penumpang. Bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, Bali Airport I Gusti Ngurah Rai di akhir bulan Oktober ini menghadirkan suatu pertunjukan seni kebudayaan Bali yang bertajuk Balinese Culture in Harmony. 


Dalam pertunjukan seni ini, berbagai jenis tarian ditampilkan baik di terminal keberangkatan domestik, maupun di terminal keberangkatan internasional. “Bersama Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, kali ini kami menghadirkan suatu pertunjukan kesenian berupa pementasan tari-tarian khas Bali,” terang Co. General Manager Commercial PT Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai – Bali, Rahmat Adil Indrawan, di bandar udara setempat, Kuta, Badung.


Menurut dia, tujuan dari event Balinese Culture in Harmony ini adalah yang pertama untuk memperkenalkan budaya Bali kepada para wisatawan, baik domestik maupun yang berasal dari mancanegara. Kedua adalah untuk semakin mempertegas nuansa dan atmosfer khas Bali di dalam terminal bandar udara.


“Sebelumnya alunan musik rindik sudah terlebih dahulu mengalun merdu di berbagai sudut terminal. Pertunjukan ini semakin menguatkan suasana terminal akan atmosfer khas Bali,” kata Adil. 


Adanya sentuhan budaya Bali di dalam terminal ini akan memberikan suatu pengalaman tak terlupakan bagi para wisatawan. Hal tersebut yang akan menjadi salah satu faktor bagi para pelancong untuk datang kembali ke Bali.


Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, I Wayan Adnyana, mendukung dan mengapresiasi inisiatif Bali Airport I Gusti Ngurah Rai terhadap kegiatan ini. “Kami mengapresiasi inisiatif dari manajemen bandar udara dalam pelestarian seni dan kebudayaan Bali di Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Sebagai pintu masuk wisatawan dari seluruh dunia, dengan dipentaskannya pertunjukan tarian ini akan semakin mengenalkan seni dan budaya Bali,” katanya.

jelajahbudaya

View all posts

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *