Pemandangan unik khas Jawa langsung tersaji saat pengunjung memasuki bangunan utama Masjid Raya Fatimah di Solo, Jawa Tengah. Gebyok atau dinding kayu jati bermotif batik, menjadi pemandangan berbeda dengan masjid-masjid lainnya. Didominasi warna merah dan kuning emas, dibelakang gebyok dipasang kaca warna hijau dengan motif batik. Perpaduan ini menghasilkan kesan mewah dan kental nuansa Jawa.


Gebyok ini menjadi salah satu daya tarik utama. Bukan hanya karena keindahannya, tetapi juga karena ukurannya yang raksasa. Dengan panjang 9 meter dan tinggi 6 meter serta lebar 1 setengah mter, gebyok ini sudah ada sejak masjid ini didirikan pada tahun 2004.


tak hanya itu, di masjid ini juga terdapat Al Quran raksasa yang ditulis dengan tangan menggunakan tinta emas. Diperkirakan usia Al Quran raksasa ini telah mencapai 200 tahun. Selain itu, mimbar khotbahnya pun menggunakan kayu berukiran motif batik, dengan bentuk yang menyerupai mimbar pada masa kerajaan, saat para Walisanga berdakwah pada masa lalu.,

Subscribe NET JATENG Official Youtube Channel:
youtube.com/netjateng

Twitter :
twitter.com/NetJateng

Instagram:
@netjateng

Saksikan informasi seputar Jawa Tengah di:
NET Jawa Tengah Setiap Senin – Jumat pukul 5.00 – 6.00 WIB

Live Streaming:
youtube.com/netjateng/live
facebook.com/NetJateng

NET. JAWA TENGAH
CH 54 UHF Semarang | CH 22 UHF Tegal | CH 22 UHF Purwokerto

jelajahbudaya

View all posts

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *