Kesenian & Kebudayaan Kota Malang

Tari Beskalan
Tari ini dikenal sebagai tarian selamat datang karena memang ditampilkan sebagai rangkaian upacara penyambutan. Istilah “beskalan” berasal dari kata “bakalan” yang berarti pertama atau dasar dari segala bentuk penghargaan dari tamu atau orang asing yang muncul secara spontan. Tari ini diperkirakan muncul sekitar tahun 1930-an.Terkait kostum, kepala penari menggunakan sanggul yang dihias dengan cundhuk mentul. Pada bagian tubuh, penari akan menggunakan kemben yang dipadukan dengan ilat-ilatan.

Tari Bedayan Malang
Tak jauh berbeda dengan Tari Beskalan, tarian ini juga bertujuan untuk menyambut kedatangan tamu. Bedanya, tari Bedayan mengandung makna keterbukaan diri dan kesederhanaan. Tari Bedayan merupakan penggambaran sifat dan sikap keterbukaan masyarakat Malang yang diungkapkan melalui kesederhanaan dan lugas.Berdasarkan legenda, tarian ini menggambarkan pertemuan antara raja-raja Jawa dengan Nyi Roro Kidul. Tari Bedaya terdiri dari sembilan penari yang masing-masing memiliki peran tersendiri, namun tetap menyatu dalam kesatuan gerak yang indah. Masing-masing peran diberi nama Batak, Gulu, Dada, Buncit, Endel Weton, Endel, Apit Wingking, Apit Ngajeng, dan Apit Meneng.

Tari Grebeg Wiratama
Berbeda dengan kedua tarian sebelumnya, tari Grebeg Wiratama ini menampilkan gerakan yang lebih maskulin dan tegas. Tentu saja ini sesuai dengan pesan yang disampaikan dalam tari ini.Tari Grebeg Wiratama menggambarkan jiwa keperwiraan prajurit yang akan berangkat menuju peperangan. Tak hanya itu, tarian ini juga menggambarkan sisi humoris yang menjadi bagian dari sifat manusia.

Tari Topeng Malangan
Tari topeng Malangan adalah pertunjukkan kesenian tari di mana semua pemerannya menggunakan topeng. Secara umum, cerita yang diangkat sebagai konsep tarian adalah cerita panji. Kenal dengan istilah cerita panji? Cerita panji adalah kumpulan cerita yang berasal dari tanah Jawa periode klasik.Banyak versi terkait dengan cerita panji, hanya saja inti cerita selalu berputar dalam kisah cinta antara Panji Asmarabangun dan Galuh Candrakirana. Karena memiliki beragam versi cerita yang berbeda-beda, maka semuanya dikelompok dalam satu kategori yang dikenal dengan lingkup panji.

Tari Jaran Kepang Malang
Tari Jaran Kepang merupakan tarian rakyat yang banyak dikenal oleh masyarakat di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Di Jawa Tengah lebih dikenal dengan sebutan Jathilan. Di Jawa Timur disebut Jaran Kepang karena kuda-kudaannya terbuat dari anyaman bambu yang disusun atau dijalin secara menyilang, bahasa Jawanya: ngepang.

Facebook : https://www.facebook.com/Dedjoem-1392841640771647/
Twitter : https://twitter.com/dedjoem
Google+ : https://plus.google.com/114721230418536351637/
Tumblr : https://dedjoem.tumblr.com/
Pinterest : https://id.pinterest.com/dedjoem/
LiveJournal : http://dedjoem.livejournal.com

Jangan Lupa Like Dan Subscribe Channel Kami DEDJOEM untuk Video terbaru selanjutnya.
https://www.youtube.com/channel/UCQFbCUmND4Xxk_tEMNCfpng

https://youtu.be/AISpvYi37ZM

jelajahbudaya

View all posts

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *