Hai Seduluuur!
Kami dari jawa tengah, kalian darimana? Aku dengar kalian memiliki budaya? Kata mereka budayamu indah? Kapan-kapan ceritakan kekami ya, ets tapi jangan sombong dulu… Kami juga memiliki budaya, indahnya bukan main. Coba kalian tebak budaya dari jawa tengah yang indah itu? Walah semua budayane apik nan Indah. Disini kami ceritakan budaya yang kami tampilkan dilayar yutup , semoga kalian telah menyimak tayangannya.

Kami Mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta mencoba mempersembahkan sebuah karya dari kekayaan Indonesia yang tidak ternilai, tak mampu ditukar dengan apapun, apalagi diklaim siapapun. Kekayaan itu adalah sebuah Budaya. Sungguh ini budayaku, walaupun diera ini kemajuan zaman, dan teknologi membuat kami hilang perhatian terhadap kekayaan bangsa & Negara ini, tapi sungguh budaya adalah harga mati untuk kami.

Pada video ini kami menampilkan sebuah upacara (tedhak siten) yang dipadukan dengan makanan (tumpeng) dan jajanan khas (grontol), rumah adat (tajug), serta senjata khas Jawa tengah (condroso), semua budaya itu disatukan dalam pementasan kali ini berjudul “Langkah Setunggal”.

Sebelumnya perkenalkan kami Mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta dari Teknik Grafika & Penerbitan Prodi Desain Grafis yang memerankan pementasan “Langkah Setunggal” dengan peran-peran
Anak : Siti Aisyah
Ibu : Silvia Dewi Arsy
Ayah : Restu Aji Pamungkas
Saudara (Tamu Undangan) : Muhammad Saadilah Aziz
Penjual Gronthol : Muhammad Gani
Pemandu Acara (MC) : Tiara Yudianita

Sungguh luar biasa makna yang terdapat disetiap detail kegiatan dalam budaya yang kami tampilkan, realitas yang sesuai yang dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, ini adalah hanya segelintir budaya yang kami pentaskan namun banyak pelajaran yang kami dapat, terutama rasa cinta budaya, dan identitas bangsa ini. Ayo bersama-sama lestarikan budaya milik kita!

Penampilan ini dilaksanakan dalam rangka praktik Ujian Akhir Semester pada mata kuliah Kewarganegaraan. Terimakasih pada Bu Tyas Maheni selaku Dosen Kewarganegaraan sebagai pengganggas Ide Ujian Akhir ini, terimakasih telah menyadarkan kami, dan membimbing kami mensukseskan project ini.

Salam cinta selalu dari kami keluarga Siti Aisyah

jelajahbudaya

View all posts

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *