Bima merupakan sebuah kota di bagian timur Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat yang dahulu merupakan salah satu kerajaan islam terbesar di timur Indonesia. Dengan adanya fakta ini, akan sangat menyenangkan untuk menggali jejak sejarah yang dimiliki kota Bima. Febrian akan mengajak kita semua untuk berkeliling di dalam Museum Asi Mbojo. Di sini, kita bisa melihat berbagai pusaka peninggalan dan hasil fotografi yang memiliki nilai tinggi.

Selain itu, kita juga akan diajak mengintip berbagai kekayaan seni dan budaya yang Bima miliki. Ada Tari Wura Bongi Monca yang berarti Menabur Beras Kuning. Tarian yang memiliki gerakan anggun ini merupakan sebuah bentuk penghormatan dan harapan.

Tak lupa pula disuguhkan sebuah kesenian yang hanya dilakukan oleh para pria yang masih berada dalam satu garis keturunan dari Desa Ntori di Bima dan biasa digelar pada acara-acara besar, yaitu Ntumbu Tuta. Bagaimana ya bentuk kesenian ini? Hal apa lagi yang dapat ditemukan di Bima? Yuk, saksikan selengkapnya dalam video berikut!

Jangan lupa like, comment, share, serta subscribe YouTube channel Indonesia Kaya!

jelajahbudaya

View all posts

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *