Highlight Acara Puncak Festival Danau Sentarum Betung Kerihun 2017. || Cross Border Calender Events


Kabupaten Kapuas Hulu merupakan kabupaten yang berada di
perhuluan Sungai Kapuas dan berbatasan langsung dengan negara bagian Sarawak-Malaysia. Kapuas Hulu merupakan kabupaten paling timur dalam wilayah administrasi provinsi Kalimantan Barat. Pada tahun 2004 Kapuas Hulu mendeklarasikan diri sebagai Kabupaten Konservasi. Gagasan ini kemudia diperkuat dengan keluarnya Peraturan Daerah Kapuas Hulu No.20 tahun 2015 tentang Kapuas Hulu sebagai Kabupaten Konservasi. Sejak dideklarasikannya wilayah jantung Borneo atau the Heart of Borneo (HoB) pada tahun 2007 sebagai kawasan konservasi dan pembangunan berkelanjutan lintas negara di dalam pulau Borneo (Brunei, Indonesia, Malaysia), Kabupaten Kapuas Hulu sebagai satu diantar 3 kabupaten di Kalimantan Barat yang masuk menjadi wilayah HoB. Kapuas Hulu sendiri 100% wilayahnya masuk dalam kawasan HoB.

Mencermati kondisi dan status ini, Kapuas Hulu berupaya untuk melakukan pembangunan yang tidak bertentangan dengan prinsip yang dianut dari statusnya sebagai kabupaten konservasi dan wilayah HoB. Pengembangan pariwisata khususnya ekowisata merupakan sebuah strategi pembangunan daerah yang selaras dengan konservasi. Ekowisata juga dapat menjadi media mendorong nilai ekonomi dari kawasan konservasi seperti taman nasional dan hutan lindung yang sangat luas di Kabupaten Kapuas Hulu melalui penikmatan keindahan bentang alam dan mempelajari ekosistem unik yang ada. Menyadari hal tersebut di atas, Kapuas Hulu telah menetapkan program pengembangan pariwisata sebagai salah satu program prioritas. Berbagai hal telah dilakukan sebagai upaya percepatan pengembangan kepariwisataan di Kabupaten ini.

Festival Danau Sentarum-Betung Kerihun (DSBK) merupakan salah satu upaya dalam terus memperkenalkan daya tarik pariwisata Kapuas Hulu. Even festival ini juga merupakan upaya meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kapuas Hulu melalui beberapa pintu masuk (entry point) baik Pontianak maupun Pintu Lintas Batas Negara (PLBN) yang ada di wilayah Kapuas Hulu, meningkatkan rasa bangga masyarakat akan alam dan budaya yang mereka miliki, serta menjadi peluang ekonomi bagi masyarakat.

Festival DSBK tahun 2017 ini telah dimulai sejak bulan Mei 2017 dengan beberapa rangkaian kegiatan seperti peluncuran festival, festival perbatasan, festival tembawang, dan beberapa kegiatan terkait. Festival DSBK 2017 ini dilaksanakan secara kolaboratif oleh Pemerintah daerah Kapuas Hulu, Kementrian Pariwisata, Balai Besar TNBKDS, POLDA Kalbar, POLRES Kapuas Hulu serta para Lembaga donor, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan pihak swasta lainnya yang bekerja di Kapuasa Hulu seperti TFCA-Kalimantan, MCAI, ITTO, ADB, WWF-I, Konsorsium Diantama, Riak Bumi, KOMPAKH, PT. Yokita jelajah Khatulistiwa, PT. Misubishi motor, Garuda Indonesia, Bank BRI, Hotel Mercure, West Borneo tourism Forum, Sampan, dan KMTB. Konsep festival kali ini juga berbeda dari sebelumnya, dengan lebih menekankan pada isu pariwisata melalui beberapa pagelaran dan perlombaan seni dan budaya masyarakat Kapuas Hulu, dan ekonomi kreatif melalui pameran dan perlombaan produk masyarakat baik kerajinan maupun kuliner lokal, serta pengenalan kawasan Danau Sentarum melalui penyusuran danau.


Adapun isi dari kegiatan FDSBK yang akan dilaksanakan pada tanggal 25-28 Oktober 2017 ini antara lain:

1. Bazaar/ekspo
– Pameran produk kreatif masyarakat (kerajinan tangan)
– Pameran makannan trandisional

2. Panggung hiburan
– Panggung dangdut dengan menghadirkan artis ibokota (Zaskia Gotik)
– Panggung pop nuansa lingkungan dengan menghadirkan musisi ibukota (Nugie)
– Panggung seni dan music tradisional (music sape dan tarian daerah)


3. Perlombaan
– Perlombaan sumpit internasional
– Perlombaan Gasing (Top) internasional
– Perlombaan sampan
– Perlombaan masak makanan tradisional

4. Karnaval
– Parade minum madu organic
– Parade penanaman pohon kehidupan

5. Ekplorasi Danau Sentarum
– Penyusuran beberapa titik daya tarik di dalam kawasan Danau Sentarum menggunakan kapal bandong
– Media trip di dalam kawasan Danau Sentarum
– Bersepeda di Jantung Borneo

Festival Danau Sentarum akan menjadi agenda tahunan pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu. Kegiatan ini juga telah masuk dalam kalender event pariwisata nasional di Indonesia. Format acara festival akan terus diperkaya guna menyajikan kualitas Festival Danau Sentarum yang lebih baik. Guna menghadirkan kualitas yang lebih baik, pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu terus berupaya keras, dukungan para pihak terutama kementrian terkait sangat dibutuhkan.


▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬
Jangan lupa LIKE, COMENT, SUBSCRIBE & SHARE
https://youtube.com/deofighting

jelajahbudaya

View all posts

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *